Info kesehatan keluarga bahagia

Cara Menghitung Umur Kandungan Ibu Hamil

Cara Menghitung Umur Kandungan Ibu Hamil - Hallo sahabat Sehat Herbalia , Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Cara Menghitung Umur Kandungan Ibu Hamil , kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel perkembangan janin dan bayi , yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Cara Menghitung Umur Kandungan Ibu Hamil
link : Cara Menghitung Umur Kandungan Ibu Hamil

Baca juga


Cara Menghitung Umur Kandungan Ibu Hamil

Salah satu pengetahuan bermanfaat bagi moms yang hamil ialah cara menghitung umur kandungan ibu hamil supaya dapat menjaga kesehatan dengan baik. Sebagai bunda yang bersyukur dengan kehamilan tentu menjaga kesehatan janin dan diri sendiri adalah hal penting untuk dikerjakan setiap hari, para ahli kesehatan menjelaskan kebutuhan nutrisi dalam perkembangan janin itu berbeda dari trimester 1 sampai trimester 3.

Sekarang pun sudah banyak sekali cara untuk menghitung usia kandungan yaitu cara manual, dengan rumus atau dengan perangkat digital atau elektronik yang dibuat dalam dunia kedokteran. Nah praktisnya bunda bisa memprediksi usia kandungan dengan cara manual yang bisa dikerjakan sendiri yang kita bahas pada artikel ini.


Cara Menghitung Umur Kandungan Ibu Hamil


Cara Menghitung Umur Kandungan Ibu Hamil Secara Manual

Penghitungan rumus sederhana untuk mengetahui umur kehamilan memerlukan kapankah tanggal hari pertama haid terakhir (HPHT) yang bunda alami, kemudian siklus datang bulan atau menstruasi rataan yang diperkirakan 28 hingga 30 hari. Cara menghitung usia kehamilan dari HPHT disebut sebagai rumus Neagele yang dapat dibuat untuk memprediksi hari perkiraan lahir (HPL).

Teori Rumus Neagele dengan contoh HPHT masuk dalam konstanta X. Sedangkan bulan konstanta Y dan tahun masuk kehamila Z. Apabila bulan ketika moms mendapati HPHT melebihi nilai 3 digunakan rumus (x+7) – (y-3) – (z+1). Namun apabila bulan ketika moms mendapati HPHT kurang kurang dari nilai 3 digunakan rumus (x+7) – (y+9) – (z).

Contoh penggunaan rumus neagele :

Ibu hamil mengalami HPHT pada 17 Mei 2016, perhitungan rumusnya = (17+7) – (5-3) – (2015+1), sehingga didapat Hari Perkiraan Lahir bayi bunda adalah 24 – 2 – 2017 atau 24 Pebruari 2017. Inilah cara mudah menghitung umur kandungan ibu hamil.

Nah umur kehamilan diambil dari hasil perhitungan di atas 24 Pebruari 2016 sehingga jika menginjak bulan juni tinggal dikurangi 9 bulan yaitu umur kandungan masih 2 bulan, dan tinggal menambahkan 1 bulan untuk bulan Juli dan begitu seterusnya.



Ada juga cara mengetahui usia kehamilan secara manual lainnya dengan mengukur tinggi puncak rahim bunda yang lebih mudah dari rumus neagele di atas, caranya Anda ukur puncak rahim atau bagian dinding perut yang menonjol dengan tangan sendiri. Lakukan pengukuran dari tulang alat reprokdusi hingga puncak rahim, 1 centimeter menandakan 1 minggu usia kehamilan.

Contoh apabila hasil pengukuran diperoleh jarak 22 cm dari tulang alat reproduksi hingga puncak rahim maka usia kandungan bunda diprediksi telah sampai pada minggu ke-22 atau 5 bulan kehamilan.

Memang susah jika menggunakan alat ukur penggaris maka gunakan alat ukur atau meteran untuk kain yang biasa digunakan tukang jahit sehingga terasa lebih praktis dan cepat ketemu hasilnya. Anda juga bisa menggunakan tangan Anda sendiri sebagai alat pengukur yang lebih praktis. Cara lain dengan menggunakan jari-jemari untuk mengukur jarak ini dan setiap 1 ruas jari berarti 1 minggu umur kehamilan, semisal bisa ditemukan 5 jari tangan maka hasil cara menghitung umur kandungan ibu hamil ialah 6 minggu atau 1 bulan setengah.



Demikianlah Artikel Cara Menghitung Umur Kandungan Ibu Hamil

Sekianlah artikel Cara Menghitung Umur Kandungan Ibu Hamil kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Cara Menghitung Umur Kandungan Ibu Hamil dengan alamat link http://sehatherbalia.blogspot.com/2016/03/cara-menghitung-umur-kandungan-ibu-hamil.html
Cara Menghitung Umur Kandungan Ibu Hamil Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

0 comments :

Post a Comment